Entri Populer

Selasa, 26 Oktober 2010

BACKPASS

Yap, Backpass adalah sebuah kondisi dimana pemain memberikan bola kepada kiper. Menurut aturan FIFA, Backpass dapat menjadi pelanggaran apabila kiper menangkap bola dengan tangan umpan menggunakan kaki teman satu timnya( Jadi kalo pake kepala atau badan boleh ditangkep, tapi jangan tangan loh, entar handball ).
Jika seorang kiper melakukan ini, maka akan diberi hadiah TENDANGAN BEBAS TIDAK LANGSUNG (indirect free kick) yaitu tendangan yang tidak boleh diarahkan langsung ke gawang, tapi harus diumpan ke teman dulu dari tempat kejadian pelanggaran (TKP) .
Agan pusing ya bacanya ,
Tahukah agan agan bahwa di era sebelum tahun 1990 peraturan ini belum ada. Jadi setiap tim di piala dunia sering melakukan ini untuk strategi bertahan dan juga mengulur ngulur waktu. Bahkan waktu piala dunia 1990, Pat Bonner, kiper Irlandia menahan bola 6 menit dengan cara menggiring bola mengitari kotak penalti lalu kembali memegangnya
(agan agan yang udah sepuh pasti tau nih )


Adalah piala dunia tahun 1990, yang dikenal sebagai piala dunia yang paling tidak atraktif, karena ke-24 tim yang ikut serta menampilkan penampilan yang sangat bertahan. Inilah Piala Dunia yang paling minim gol, tapi dengan kartu merah paling banyak. Hanya 115 gol tercipta dalam 52 pertandingan atau rata-rata 2,21 per pertandingan. Sedangkan wasit mengeluarkan 16 kartu merah dan 164 kartu kuning atau rata-rata 3,46 per pertandingan.

Oiya, tambahan hal hal menarik dari Piala Dunia 1990:
1. Merupakan piala dunia terakhir dimana seorang kiper dapat menerima back pass

2. Merupakan terakhir kali pertandingan di piala dunia jika menang mendapat 2 poin (kalo sekarang kan menang = dapet 3 poin). FIFA membuat peraturan itu dengan alasan yang sama yaitu untuk meningkatkan keatraktifan pertandingan.

3. Merupakan terakhir kali wasit harus memakai jersey warna hitam, guna menghindari kesamaan dengan tim yang bertanding. Jadi setelah piala dunia ini wasit bisa milih jersey dengan warna selain hitam, meskipun hitam masih sering dipake.


4. Merupakan piala dunia terakhir di bagian belakang jersey pemain cuma tertulis nomer doang, setelah ini udah ada namanya dia atas nomer



5. Dan merupakan partisipasi terakhir Jerman menggunakan nama Jerman Barat, karena seterusnya berganti Jerman (saja) menyusul dirubuhkannya Tembok Berlin pada 9 November 1989

Hal inilah yang membuat FIFA memutuskan untuk membuat peraturan yang melarang kiper menangkap back-pass itu tadi. Diperkenalkan mulai tahun 1992. Yah, maksudnya biar tercipta sepak bola atraktif kaya yang sekarang ini
tambahan: kiper juga tidak diperbolehkan menangkap bola dengan tangannya di dalam kotak pinalti jika bola tersebut adalah hasil giringan si kiper dr luar kotak pinalti.. hukumannya sama kaya kalo back pass,free kick tidak langsung..
aturan dasarnya sih sama kaya back pass,cm bedanya kalo back pass kan bola dioper dr rekan satu tim lalu ditangkap sama si kiper,kalo ini si kiper menangkap sendiri bola hasil giringan dia dr luar kotak pinalti..

masih susah dimengerti yah??
kalo backpass aktif itu secara sengaja mengoper ke kiper...
kalo backpass pasif itu tidak sengaja atau 1 touch, kaya deflect atau pantulan...
satu lagi kalo backpassnya sundul boleh ditangkep gan, soalnya pasif 1 touch... nah betul gan..
makanya biasanya kalo lagi kemelut gitu habis kena pemain temen dipegang gapapa soalnya statusnya PASIF..
tapi diluar itu, keputusan sepenuhnya ditentukan oleh Wasit
Menurut buku aturan FIFA 2009/2010. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan kiper adalah:
1. Memegang bola lebih dari 6 detik di dalam kotak penalti
2. Menangkap bola kembali setelah melepaskan bola dari penguasaannya tanpa mengenai pemain lain terlebih dahulu
3. Menangkap bola back pass dari kaki teman setim
4. Menangkap bola dari lemparan kedalam (thrown-in) teman setim

semoga mencerahkan  


30/10/2010 PERSIJA VS PERSIB stadion jati diri semarang.
MA'AF BUNG!!
KAMI MAUNG!!
BUKAN MACAN!!
KAMI KEPALA BERTANDUK!!BUKAN JEMPOL TELUNJUK!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar