Entri Populer

Rabu, 27 Oktober 2010

1975: Indonesia vs Manchester United (Inggris); Persib Lebih Hebat daripada Manchester United?

Apakah Indonesia, Persib, dan Manchester United (Inggris) ada kaintannya? Sebelum menikmati pertandingan tim nasional (timnas) Indonesia melawan Manchester United pada tahun 2009 mendatang, mari kita menikmati perjalanan Manchester United di Indonesia pada 1975.

Pada akhir Mei 1975, timnas Tamtama asuhan Wiel Coerver (pelatih) dan Wim Hendriks (asisten pelatih) memanggil 22 dari 23 pemainnya. Satu dari 23 pemain yang dipanggil itu (Soeharsoyo) pulang ke Semarang untuk menjenguk istrinya yang sakit. Eh…, ada loh yang dipanggil dari Persib. Ya, Teten dan Dedi Sutendi turut menjadi bagian seleksi timnas.

Pada akhir Mei 1975 itu, timnas Indonesia Tamtama –sebutan pada masa ini, semacam tim Utama, A, atau Senior– melakukan tiga kali pertandingan uji coba di kota Bandung, tepatnya di Stadion Persib Jalan Ahmad Yani, Bandung.

Pada pertandingan pertama (20 Mei 1975), timnas Indonesia Tamtama berhasil mengandaskan perlawanan Persib Selection 5-1. Lima gol kemenangan timnas Indonesia Tamtama dicetak Risdianto (menit 8), Djunaidi Abdillah (10/penalti), Waskito (14), Wibisono (15), dan Anjas Asmara (60). Sementara itu, satu gol Persib Selection dicetak Nandar Iskandar (76).

Pada pertandingan kedua (21 Mei 1975), timnas Indonesia Tamtama bermain imbang 0-0 dengan Persib. Namun, pertandingan tersebut hanya berlangsung selama 70 menit karena hujan lebat.

Dalam pertandingan ketiga (baca: partai ulang) yang berlangsung pada 23 Mei 1975, timnas Indonesia Tamtama harus mengakui keunggulan Persib 1-3. Gol tunggal Waskito (menit 23) tidak mampu membawa kemenangan bagi timnas Indonesia Tamtama karena Persib berhasil mencetak tiga gol kemenangan melalui Risnandar (8 dan 57) serta Tjetjep (70).

Setelah melakukan tiga kali pertandingan uji coba di kota Bandung itu, barulah timnas Indonesia Tamtama meladeni Manchester United (Inggris) dalam pertandingan segitiga internasional di Stadion Utama, Senayan, Jakarta (1 Juni 1975). Dalam pertandingan ini, kedua tim bermain imbang 0-0.

Timnas Indonesia Tamtama menurunkan formasi pemain: Ronny Paslah (penjaga gawang), Sutan Harhara, Oyong Liza, Suaib Rizal, Iim Ibrahim, Anjas Asmara, Nonon, Waskito, Djunaidi Abdillah, Risdianto, dan Andi Lala.

Manchester United menurunkan formasi pemain: Alex Stepney (penjaga gawang), Alex Forstyth, Arthur Albiston, Gerry Daly, Jimmy Micholl, Jim McCallog, Trevor Anderson, Sammy McIlroy, Stuart Pearson, David McGreery, dan Tony Young.

Pertandingan timnas Indonesia Tamtama melawan Manchester United itu merupakan pertandingan pertama. Pertandingan lainnya yaitu: Manchester United vs Ajax Amsterdam (3 Juni 1975) dan Ajax Amsterdam vs timnas Indonesia Tamtama 4-1 (5 Juni 1975).

Memerhatikan hasil-hasil pertandingan tadi, khususnya dalam pertandingan uji coba di kota Bandung, apakah Persib lebih hebat daripada Manchester United? Persib saja dapat mengalahkan timnas Indonesia Tamtama 3-1, masa Manchester United hanya mampu bermain imbang 0-0?

Jelas, sepak bola bukan matematika dan tentu saja kualitas Stadion Persib kalah bagus dibanding Stadion Utama, Senayan, Jakarta.

Jadi…? Ya, kita lupakan dulu kenangan masa lalu. Mari kita lihat pertandingan masa depan. Dan… ditunggu ya tiket gratis plus akomodasi pulang-perginya untuk menyaksikan pertandingan tersebut he…he…he…. . Salam!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar