Entri Populer

Rabu, 09 Februari 2011

EL CLASSICO DI COPA DEL REY

FC Barcelona menuntaskan laga kedua di semifinal Copa del Rey dengan mengalahkan Almeria di rumah mereka sendiri. Skor 3-0 mengantar anak asuh Pep Guardiola ke partai puncak kompetisi nomor dua di persepakbolaan Spanyol. Di final, El Barca akan berhadapan dengan musuh bebuyutan mereka, Real Madrid. Si putih sendiri menang 2-0 atas Sevilla.
Pada laga di Juegos, El Barca sebetulnya hanya membutuhkan hasil imbang mengingat di laga pertama sudah menang 5-0. Pep sendiri menurunkan pemain pelapis saja untuk melawan Almeria. Rotasi pemain juga dilakukan Pep, dengan menempatkan Sergio di lini belakang menemani Gabi Milito yang didaulat menjadi kapten malam itu, sementara posisi gelandang bertahan diisi oleh Mascherano. Pep juga memainkan Nolito dan Thiago dari Barca B mengisi tempat yang biasa dihuni David Villa dan Xavi Hernandez.
Namun, di luar ekspektasi, kombinasi pemain tua-muda Barca mampu mengalahkan Almeria dengan tiga gol tanpa balas. Menariknya, dua dari tiga gol di pertandingan ini adalah gol debut dari dua pemain Barca, Adriano dan Afellay. Sementara satu gol lagi dicetak Thiago Alcantara.
Adriano membuka gol di menit ke-35, ketika akselerasinya dari sayap kiri tak terbendung barisan pertahanan Almeria. Melakukan overlap dari lini belakang, bek sayap Brazil ini sukses melewati dua pemain lawan sebelum menaklukkan kiper Almeria dengan sepakan kaki kirinya.
Sementara gol kedua Barca lahir di babak kedua oleh kepala Thiago. Hanya berjarak sepuluh menit dari peluit babak kedua ditiup, Barca membangun skema serangan yang berbuah gol cantik. Kerjasama satu dua Thiago-Dani Alves berujung umpan lambung Alves yang disasar kepala Thiago dan menempatkan bola ke tiang jauh tanpa mampu digapai kiper Almeria, Esteban.
Gol ketiga lahir dari tendangan keras Afellay. Berselang sepuluh menit dari gol kedua, Seydou Keita melakukan penetrasi di sisi kiri pertahanan Almeria. Sukses mengecoh satu pemain belakang, gelandang Mali memberikan umpan tarik kepada Afellay yang bebas tak terkawal. Dengan sedikit sentuhan, Ibi melepaskan tembakan diagonal dan mengukir gol perdananya untuk Barcelona.
Sukses mengemas tiga gol, Barcelona mepertahankan kendali permainan dan skor tak berubah hinggal peluit panjang ditiup. Dengan demikian, resmilah Barca berhadapan dengan Real Madrid di laga pamungkas Copa del Rey. Laga final sendiri kemungkinan akan digelar 20 April 2011 atau sekitar 3 hari dari El Clasico yang sesungguhnya di liga, tanggal 17 April 2011. Belum diketahui stadion mana yang akan menggelar laga puncak ini. Namun dari beberapa kandidat, rumah “Sang Kelelawar” stadion Mestalla, banyak disebut orang sebagai calon kuat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar